Tips untuk mengurangi dengkuran atau ngorok


Sleep Apnea Sindrom (SAS) , penyumbatan saluran pernapasan pada tenggorokan ketika tidur mengakibatkan dengkur alias ngorok dengan suara keras. Biasanya diakibatkan karena kegemukkan sehingga tenggorokan menyempit karena lemak tubuh, atau bisa juga diakibatkan karena akar lidah jatuh menutupi kerongkongan, mengakibatkan kesulitan bernapas (ketika napas hendak dikeluarkan terhambat), napas terhenti sekitar 10 - 30 detik dan sesudah itu napas keluar dengan disertai suara deguran yang keras sekali. Dalam satu malam biasa 30 - 80 kali napas terhenti.

Berikut tips dan trik untuk mengurangi dengkuran atau ngorok:
1. Atur Posisi Tidur.
Mendengkur terjadi saat tidur terlentang. Maka Tidur dalam Posisi Miring cukup ampuh untuk mengurangi dengkuran. Jika biasa tidur terlentang sebaiknya ganti dengan posisi miring tetapi tdak telungkup. Tidur dengan posisi miring sangat dianjurkan untuk mengurangi kemungkinan mendengkur, dibanding posisi telentang. Pada saat tidur telentang, lidah akan tertarik ke belakang dan menghambat pernapasan sehingga menimbulkan dengkur.

2. Atur Posisi Letak Bantal
Saat tidur, atur posisi bantal menjadi lebih tinggi, jika posisi bantal rendah atau datar akan menyumbat keluar masuk udara sehingga menimbulkan dengkuran. Posisi bantal juga tidak terlalu tinggi, karena hal ini bisa membuat leher kesakitan. Rasakan posisi tinggi bantal yang ideal menurut kebiasaan anda..

3. Atur pola hidup
Pola hidup sehat sudah menjadi kebiasaan masyarakat urban. Konsumsi makanan yang sehat, banyak minum air putih dan olah raga teratur. Hindari Alkohol, rokok dan konsumsi Obat-obatan terutama obat Penenang.

4. Atur berat badan Ideal.
Jika tubuh gemuk, sebaiknya lakukan diet, karena tubuh yang menyimpan banyak lemak bisa bisa menyebabkan dengkuran. pertahankan berat badan ideal. Hal ini bisa dilakukan dengan menjaga pola makan sehat, olahraga yang teratur dan yang paling ampuh adalah melakukan terapi puasa untuk mengurangi berat badan

5. Atur kebiasaan konsumsi sebelum tidur.
Misalnya dengan meminum madu beberapa sendok. Karena menurut beberapa penelitian madu bisa membantu menghilangkan kebiasaan mendengkur/ngorok.
Hirup Uap Air Sebelum Tidur. Hidung tersumbat dapat menyebabkan mendengkur. Salah satu cara mengatasinya adalah menghirup dalam-dalam uap air melalui hidung sebelum tidur, sehingga hidung terasa longgar. Bisa juga dengan meletakkan handuk basah air hangat dan menghirup uapnya untuk menghilangkan lendir penyebab hidung tersumbat.

Hal yang perlu dihindari sebelum tidur adalah tidak merokok sebelum tidur, Hindari Menum Susu Sebelum Tidur, memakan makanan yang berat sebelum tidur atau membuat perut penuh dengan makanan sebelum tidur.

dari berbagai sumber