Saat ini hampir semua lamaran pekerjaan dilakukan melalui email. Disamping memerlukan
biaya yang murah, juga kecepatan prosesnya membuat cara ini lebih efektif.
Berikut tip-tip untuk mengirim lamaran pekerjaan
melalui email :
1. Persiapkan berkas
Persiapkan berkas-berkas
yang diminta oleh Penerima Pekerjaa. Untuk lamaran via email perlu membuat berkas
dalam bentuk digital. Buatlah file Anda sesuai
permitaan dari penerima pekerjaan misalnya doc, pdf, jpg dll. Jika tidak
dipersyaratkan sebaiknya fila dokumen dalam bentuk pdf dan file foto atau
gambar dalam bentuk jpg atau sejenisnya. Anda perlu perhatikan besar file
setiap lembar dokumen yang dihasilkan. Scan
berkas usahakan ukuran file tidak terlalu besar, hal ini bertujuan agar saat
mengupload file lamaran prosesnya tidak lama. Dan juga mempermudah bagi sipenerima. Jangan lupa
untuk memperhatikan syarat besarnya file dari si Penerima Pekerjaan.
2. Persiapkan akun email
Zaman sekarang seharusnya
Anda sudah memeiliki setidaknya satu akun email. Ada banyak penyedia layanan
email gratis yang bisa dimanfaatkan seperti Gmail, Yahoo, AIM, Hotmail, GMX,
Eramuslim, Telkomnet, Plasa.com dan lain-lain.
Gunakanlah alamat email yang
singkat dan mudah diingat dan “resmi”. Artinya, gunakanlah nama yang
meyakinkan, jangan nickname yang aneh-aneh.
3. Fahami persyaratan yang dibutuhkan oleh perusahaan.Terkadang tidak semua berkas lamaran pekerjaan diminta oleh perusahaan penerima lowongan pekerjaan, mungkin hanya berkas utama saja yang harus dikirim via email seperti surat lamaran, ijazah dan CV. Untuk hal seperti ini Anda hanya perlu mengirim persyaratan sesuai yang diminta, semakin sedikit berkas yang diupload/unggah maka prosesnya juga semakin cepat karena tidak membutuhkan file yang berukuran besar. Namun bila perusahaan penerima lowongan pekerjaan tidak mensyaratkan ini Anda bisa mengupload semua berkas lamaran yang Anda miliki.
4. Tujuan pengiriman dan judul email/Subject
Saat ingin mengirim email
pastikan alamat email tujuan sudah benar, periksa kembali dengan teliti jangan
sampai surat lamaran Anda tidak sampai atau salah alamat.
Hal yang juga perlu
diperhatikan dalam mengirim sebuah email adalah judul/subject nya. Kadang dalam
inbox mail seseorang/perusahaan banyak sekali yang belum terbaca, bila judul
email yang masuk tidak jelas bisa dianggap spam atau akan diabaikan. Oleh
karena itu pemberian judul/subject menjadi sangat penting untuk dicantumkan
serta disesuaikan dengan hal yang diminta misalnya Anda bisa memilih judul
"Lamaran Pekerjaan Untuk Posisi Manajer Pemasaran" atau bila
perusahaan mensyaratkan sistem kode bisa ditulis "Lamaran Pekerjaan Kode
0012" dan lain-lain.
5. Menulis surat lamaran
Meskipun yang diperlukan
perusahaan penerima lowongan adalah berkas lamaran yang berupa file elektronik
namun penulisan redaksi pengantar juga perlu diperhatikan. Gunakana bahasa yang
simpel dan tidak bertele-tele serta jelas maksudnya. Redaksi sebaiknya dibuat
sesuai surat lamaran pekerjaan yang juga disertakan dalam lampiran file
elektronik.
Setelah redaksi isi email
dibuat maka selanjunya adalah menyisipkan Attachment atau file yang akan
disertakan. Redaksi dibuat semirip mungkin dengan bentuk surat lamaran yang
dilampirkan.