Tips Wantex Pakaian



Bahan yang dibutuhkan:


  1. Satu bungkus Wantex (Pewarna Tekstil). Anda bisa beli wantek di toko-toko kain, harganya murah. Pilih warna sesuai selera. Proses mewarnai ulang ini biasanya disebut dengan wenter, mewenter atau diwenter.
  2. Panci agak besar yang cukup untuk mencelup pakaian keseluruhan. Awas lho ya bilang dulu sama ortu kalau mau pakai, soalnya warna wantek akan membekas bila tidak dicuci benar-benar.
  3. Tiga liter air. Kadar air bisa menyesuaikan sesuai dengan ketebalan dan jumlah pakaian. Komposisi ini cukup untuk 1 potong pakaian.
  4. Sarung tangan agar warna wantex tidak kena tangan.
  5. Satu potong pakaian yang akan di re-coloring.



Proses Mewarnai Pakaian
  1. Masak 3 liter air sampai mendidih
  2. Masukkan Wantex saat air sudah mendidih aduk-aduk hingga warna merata
  3. Masukkan pakaian
  4. Aduk dan bolak-balik pakaian dengan kayu atau apa saja selama kurang lebih 15 – 20 menit (Masih mendidih dan diatas kompor, bila air susut bisa ditambah lagi).
  5. Turunkan panci dari kompor, sambil sesekali dibolak balik biarkan air dingin.
  6. Bilas pakaian sampai larutan wantex luruh semuanya, kira-kira 5 – 8 kali bilasan.
  7. Keringkan pakaian dalam ruangan agar tidak terkena sinar matahari langsung.


NB:

  1. Pakaian dengan ketebalan tinggi membutuhkan bahan pewarna yang lebih banyak pula, karena itu, untuk jenis Jeans Anda dapat menggunakan bahan yang saya list dibawah ini (2 X) dua kali lipat.
  2. Pakaian yang rentan pada panas (sutra, silk, brookat dll) harus hati hati ketika melakukan proses pengadukan dan pencelupan. Jangan terlalu keras biar tidak melar atau lubang.
  3. Pada proses ke-5 saat memanaskan dan membolak-balik pakaian, bila masih didapati warna berlum merata keseluruhan, bisa ditambahkan air dan wantex. Biasanya tergantung dengan ketebalan dan jumlah pakaian, semakin tebal butuh semakin banyak air dan wantex, semakin banyak jumlah pakaian semakin banyak pula kebutuhan air dan wantex.
  4. Ada trik menarik dengan membuat pola-pola tertentu agar warna wantex tidak tercetak secara keseluruhan pada pakaian. Anda bisa mengikat bagian tertentu dengan karet dan baru melepas saat mengeringkan. Hasilnya, akan ada efek pola berpendar pada pakaian. Anda bisa mencoba dengan gaya dan pola-pola yang lain. Atau bahkan dengan melakukannya dengan warna yang berbeda-beda.

Demikian cara mudah mewarnai pakaian yang sangat bermanfaat bagi Anda yang masih sayang pada pakaian lama tapi warnanya sudah luntur. Jangan lupa pula membaca kembali artikel mengenai cara memilih celana jeans yang tepat agar Anda dapat mendapatkan celana jeans yang pas.


Sumber :http://www.pojokmanfaat.com