Tips Cara Mengobati Sengatan Lebah Secara Alami


Lebah merupakan hewan yang banyak sekali manfaatnya. Bahkan lebah mendapatkan tempat tersendiri di dalam kitab suci Al Quran yaitu pada surah An Nahl, hal ini tentu menggambarkan banyaknya manfaat dan pelajaran yang bisa kita ambil dari lebah.

Mulai dari madu yang mereka hasilkan, sarang yang mereka buat sampai dengan sengatnya yang sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan kita, selain itu kerja keras para lebah tentu menjadi contoh tersendiri bagi kita yang mau berfikir dan mengambil hikmah.

Lebah sangat berhati-hati dalam melakukan sengatan, mereka hanya mau menyengat jika memang sudah merasa terganggu dan terancam sehingga terpaksa melakukan sengatan. Hal ini dikarenakan lebah hanya dapat sekali melakukan sengatan seumur hidupnya, jika mereka telah melakukan sengatan maka mereka akan mati.

Oleh karena itu sebaiknya anda menghindari untuk mengganggu lebah. Jika anda terkena sengatan lebah, rasanya cukup menyakitkan, apalagi jika dilakukan oleh serangga yang mirip lebah yaitu tawon maka anda akan mengalami bengkak pada bagian yang disengat, ada juga yang menyebabkan mual, perut keram, sudah menelan makanan, sesak nafas, bahkan bisa sampai menyebabkan demam.

Namun jika anda sudah terlanjur tersengat lebah, anda tidak perlu khawatir karena anda dapat mengatasi sengatan lebah menggunakan cara mengobati sengatan lebah berikut ini.

Cara Mengobati Sengatan Lebah
1. Cabut Sengatan Lebah yang Tertinggal
Saat lebah menyengat, sengatnya akan tertinggal, untuk mencegah racun yang masuk ke tubuh lebih banyak lagi maka segeralah cabut sengat tersebut, bisa menggunakan ujung kuku anda.

2. Menggunakan Pisang Matang
Cara ini terbilang agak konyol dan tidak logis tapi orang-orang di desaku biasa menempelkan pisang matang yang dilumat pada area yang terkena sengatan lebah. Mungkin karena pisang bersifat dingin maka akan menimbulkan rasa nyaman pada area yang tersengat.

3. Kompres Menggunakan Es
Pengompresan menggunakan es bertujuan untuk menghambat penyebaran racun, selain itu rasa dingin pada es akan memberikan rasa nyaman pada area yang tersengat lebah.

4. Menggunakan Tembakau
Ada yang bilang menggunakan tembakau, mungkin maksudnya melawan racun dengan racun. Cukup siapkan tembakau secukupnya, kemudian basahi dengan air hangat, hal ini bertujuan agar zat pada tembakau cepat keluar. Selanjutnya silahkan tempel pada area tubuh yang tersengat lebah. Walaupun cara ini mirip dengan cara mengatasi gigitan tungau, namun cara ini patut anda coba.

5. Mentimun
Selain sebagai lalapan, mentimun juga bisa anda manfaatkan untuk mengobati sengatan lebah. Cukup blender potongan mentimun sampai halus kemudian oleskan ke bagian tubuh anda yang tersengat lebah.

6. Jeruk Nipis
Selain dapat menghilangkan tahi lalat pada baju, anda juga dapat menggunakan jeruk nipis untuk mengobati sengatan lebah. Cukup belah jeruk nipis kemudian tempelkan ke bagian tubuh yang tersengat, biarkan hingga rasa nyeri mereda.

7. Pasta Gigi
Untuk mengobati sengatan lebah, anda bisa menggunakan pasta gigi. Cukup oleskan pasta gigi ke bagian yang tersengat. Rasa dingin dari pasta gigi akan memberikan rasa nyaman pada area yang terkena sengatan lebah.

8. Rumah Sakit
Jika 30 menit setelah tersengat lebah, dampak dari sengatan lebah yang anda alami termasuk parah, misalnya sampai sesak nafas. Maka sebaiknya anda segera menelpon ambulan atau minta di antar ke rumah sakit agar anda segera mendapat pertolongan medis. Hal ini bertujuan untuk mencegah hal-hal fatal terjadi.


http://tiportips.blogspot.com