5 Tip Rias Wajah Natural


1. Alas bedak. Untuk alas bedak, Anda bisa memilih warna transparan atau satu tingkat lebih muda dari rona wajah. Agar rona wajah tidak jauh berbeda dengan kulit bagian tubuh lain.

Dalam pengaplikasiannya, Anda cukup memberikan sedikit alas bedak pada lima titik wajah. "Di dagu, pipi kanan dan kiri, kening, serta hidung," ujar Apriyandy. Kemudian, ratakan ke seluruh wajah. "Usapkan ke arah atas, agar kulit Anda tetap kencang."

Pada bagian alas bedak, Apriyandy menyarankan penggunaan All in One BB Cream dari The Body Shop. Alasannya, krim warna putih ini dapat berubah sesuai dengan warna kulit Anda. "Kandungan pigmen dalam krim akan melepaskan warna setelah diusapkan ke kulit. Sehingga bisa membaur dengan rona wajah Anda," ujarnya.

2. Bedak. Seperti halnya alas bedak, tentukan warna bedak serupa rona kulit. Untuk penggunaannya, usapkan bedak mulai dari dagu, pipi, kemudian kening. "Bedak pun diusap ke arah atas, agar kulit tidak kendur," ujar dia.

Satu hal penting, pakai bedak pada satu sisi wajah dahulu. Setelahnya, lanjut ke sisi sebelah. Ini dilakukan agar bedak terbaur dengan merata. "Jangan lupa usapkan bedak di leher juga. Sehingga warna kulit tak terlihat berbeda."

3. Perona mata. Untuk kegiatan harian, seperti pergi kerja atau kuliah, Anda bisa menggunakan warna cokelat dan merah muda. Namun agar tetap terlihat menarik, Anda bisa mengaplikasikan warna putih atau abu-abu yang memiliki efek berkilau pada kelopak dan bawah alis mata.

"Kemudian, usapkan perona mata pink atau cokelat pada kelopak mata," kata Apriyandy. Di ujung kelopak, baurkan rona gelap, seperti hitam, dengan bentuk huruf C. Fungsinya sebagai penegas warna mata.

4. Perona pipi. Sebelum menggunakan perona, cobalah tersenyum di depan cermin. Lalu, carilah bagian yang menonjol pada pipi, disebut apple cheek. "Penentuan apple cheek penting untuk mengusapkan perona atau blush on yang sesuai dengan bentuk wajah," kata dia.

Untuk wajah lonjong, Apriyandy melanjutkan, aplikasikan blush on tepat pada apple cheek. Sedangkan perona cerah diusapkan pada bagian apple hingga ke sudut mata luar. "Usapkan pula merona warna gelap seperti cokelat tua pada rahang, untuk menyamarkan kesan tegas," ujarnya.

Sementara Anda yang berwajah bulat, dianjurkan menyapukan pewarna di atas bagianapple menuju bagian mata luar. Jangan pula memberikan pewarna di dekat hidung. "Gunanya agar memberikan kesan tirus."

5. Lipstik. Untuk kegiatan harian, Ariyandy menyarankan penggunaan perona bibir jenis matte. Tujuannya agar bisa bertahan lama di bibir. Dan untuk kesan mengkilap, Anda bisa memakai lip gloss. Jika bibir Anda tebal, hindarkan memulas lip bloss di seluruh bibir. Karena akan membuat tampilan mulut lebih tebal. "Sapukan saja sedikit lip gloss di depan bibir," kata dia.


TEMPO.CO