Tips Mencegah Phishing


Apa itu Phishing?
Phishing adalah tindakan memperoleh informasi pribadi seperti User ID, PIN, nomor rekening bank, nomor kartu kredit Anda secara tidak sah dengan tujuan penipuan atau kejahatan.

Bagaimana phishing dilakukan?
Teknik Phishing yang sering digunakan:
  1. Menggunakan format dan alamat e-mail palsu untuk meminta data rekening dengan alasan perbaikan/upgrade sistem
  2. Menggunakan website palsu yang mirip dengan website Bank Mandiri yang resmi
  3. Mengirimkan form isian melalui e-mail yang meminta user ID, password atau PIN

Teknik ini dilakukan untuk mendapatkan User user ID, password atau PIN secara tidak sah.

Mencegah phishing
  1. Selalu periksa alamat website yang Anda kunjungi di address bar browser Anda. websiteresmi bank, yaitu: www.bankmandiri.co.id
  2. Jangan pernah memberikan User ID atau PIN Anda pada orang lain bahkan staf Bank Mandiri sekalipun. Bank Mandiri tidak pernah menanyakan nomor PIN untuk alasan apapun.
  3. Jangan terpancing untuk mengikuti anjuran melakukan transfer ke rekening tertentu, dengan tujuan mendapatkan hadiah undian.
  4. Jika Anda mendapatkan e-mail yang berisi pemberitahuan bahwa Bank Mandiri sedang meng-upgrade system dan meminta Anda melakukan konfirmasi dengan data-data pribadi, jangan reply atau meng-klik link yang ada pada e-mail tersebut. Bank Mandiri menerapkan kebijakan untuk tidak meminta pemilik rekening/Nasabah meng-update data melalui sarana e-mail.
  5. Jika anda sudah terlanjur melakukan reply, segera hubungi mandiri call 14000 untuk melakukan penghapusan fasilitas internet banking dan silahkan mendaftar ulang melaluimandiri ATM atau cabang yang terdekat.
  6. Jangan pernah memberikan PIN atau Password Anda pada orang lain, bahkan staf Bank Mandiri sekalipun. Bank Mandiri tidak pernah menanyakan PIN atau Password untuk alasan apapun.