Demi keamanan dan kenyamanan Anda dalam bertransaksi di BNI Internet Banking,
berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan :
- Ganti password BNI Internet Banking dan PIN BNI e-Secure Anda secara berkala dengan kombinasi yang unik dan sulit diketahui oleh orang lain.
- Lindungi komputer Anda dengan anti virus terupdate untuk mencegah terinfeksinya komputer Anda dengan virus, malware, spyware, ataupun bentuk aplikasi-aplikasi lainnya yang dapat merugikan Anda.
- Selalu update internet browser yang Anda gunakan dalam bertransaksi BNI Internet Banking.
- Hindari menyimpan password BNI Internet Banking di komputer Anda maupun melalui fasilitas pengingat password yang ada pada internet browser.
- BNI e-Secure/m-Secure hanya digunakan untuk aktivitas : Melakukan transaksi finansial : transfer, pembayaran, dan pembelian; Perubahan data.Penggunaan BNI e-Secure/m-Secure hanya muncul di layar konfirmasi BNI Internet Banking (layar kedua setelah Pengguna melakukan inisiasi transaksi).
- BNI tidak pernah meminta memasukkan angka/ respon dari BNI e-Secure/m-Secure diluar dari aktivitas tersebut di atas (butir 5). Jika Anda mendapatkan layar untuk meminta Anda memasukkan nomor / respon BNI e-Secure/m-Secure di luar dari aktivitas tersebut di atas, segera hubungi BNI Call di nomor 021500046.
- BNI tidak pernah meminta melakukan sinkronisasi BNI e-Secure/m-Secure di layar BNI Internet Banking Nasabah. Jika ada permintaan sinkronisasi dari BNI, proses sinkronisasi dilakukan oleh Nasabah dengan datang langsung ke cabang BNI.
- Jangan meminjamkan, memindahtangankan BNI e-Secure/m-Secure serta memberitahukan PIN BNI e-Secure/m-Secure Anda ke pihak lain, termasuk ke petugas BNI.
- Pastikan Anda mengakses BNI Internet Banking melalui alamat resmi situs BNI Internet Banking di www.bni.co.id dan klik login atau langsung ke halaman login BNI Internet Banking di https://ibank.bni.co.id.
- Periksa sertifikat SSL untuk memastikan bahwa Anda menerima sertifikat SSL yang sah yang telah terdaftar untuk ibank.bni.co.id.
- Apabila Anda menerima pesan yang menjelaskan bahwa sertifikat tidak sah, mohon Anda tidak melanjutkan akses BNI Internet Banking dan segera hubungi BNI Call di 500046.
- Pastikan bahwa pada internet browser Anda terdapat gambar gembok/kunci yang mengindikasikan bahwa halaman yang Anda akses saat ini dienkripsi dengan menggunakan SSL. Jika Anda tidak melihat gambar gembok/ kunci, dimohon Anda untuk logout.
- Waspada upaya penipuan dari oknum yang mengatasnamakan sebagai petugas bank melalui telepon, faks atau email, yang menanyakan data pribadi termasuk PIN Internet Banking dan PIN BNI e-Secure/m-Secure. Karena petugas BNI tidak akan meminta atau menanyakan nomor PIN Anda.
- Pastikan Anda telah logout saat meninggalkan komputer Anda meskipun hanya sesaat.
- Hindari untuk mengakses BNI Internet Banking di warnet atau jaringan atau komputer yang tidak dapat dipastikan keamanannya.
Sumber: www.bni.co.id