Trik Libur Nyaman & Hemat saat Lebaran

Siapkan perjalanan liburan Anda dengan matang bersama HotelsCombined (Foto: shutterstock)LIBUR Lebaran siap dijelang. Akan banyak keluarga memanfaatkannya untuk momen berkumpul, Andapun harus mulai memersiapkannya sejak jauh-jauh hari.

Libur Lebaran menjadi salah satu momen favorit bagi keluarga Indonesia untuk melakukan berbagai aktivitas yang merilekskan tubuh serta pikiran. Sayang, sebelum sampai pada momen menyenangkan tersebut, banyak hal harus dipersiapkan hingga kadang menyita energi.

Sebenarnya, Anda bisa meminimalisir upaya tersebut, termasuk menekan rencana pengeluaran liburan, dengan beberapa siasat. Simak beberapa siasatnya berikut ini:

Jangan pernah go show Go show mungkin akan mengasyikkan jika Anda berlibur pada saat low season. Namun, cara liburan yang tanpa persiapan ini bisa menimbulkan bencana, termasuk pada libur Lebaran.

Oleh karena itu, selalu lakukan reservasi kamar dan tiket beberapa bulan sebelum waktu liburan. Buat perencanaan yang matang sejak jauh hari, ke mana Anda akan membawa keluarga menikmati libur Lebaran. Dengan ini, salah satu manfaat yang dapat Anda rasakan adalah Anda bisa menyesuaikan jumlah cuti yang akan diambil. Tentunya, Anda tidak ingin liburan terganggu karena pekerjaan, bukan?

Tentukan bujet dan berkomitmenlah Bujet adalah hal yang penting untuk diperhatikan pada saat libur Lebaran. Anda tentu tidak mau ‘jatuh miskin’ sepulang dari liburan, maka catat semua pengeluaran sebisa mungkin dan patuhlah pada bujet yang telah ditentukan. Bila perlu, menabunglah sejak jauh-jauh hari agar segala kendala bujet dapat teratasi dengan baik.

Cari transportasi terbaik Selalu pantau maskapai yang rajin memberikan promo rutin. Membeli tiket promo, walaupun harus Anda lakukan beberapa bulan atau bahkan setahun sebelum tanggal liburan, akan membantu Anda menghemat banyak pengeluaran, terlebih jika bepergian bersama keluarga. Lihat juga alternatif kendaraan lain, seperti kereta api atau kapal cepat, jika memungkinkan. Semakin banyak pilihan, akan semakin baik.

Cari akomodasi termurah Jika waktunya sudah mepet, Anda dapat mencari promo terbaik melalui situs HotelsCombined, pembanding harga hotel no. 1 di dunia.HotelsCombined membandingkan lebih dari 800.000 hotel di seluruh dunia dan Anda dapat mencari hotel terbaik dan menghemat hingga 80%!


Tentukan jadwal perjalanan Menentukan jadwal perjalanan atau itinerary sebelum pergi berlibur sangatlah penting. Dengan itinerary yang jelas, Anda akan terhindar dari kebingungan pada saat liburan, seperti terjebak macet atau berakhir di objek wisata yang terlalu ramai. Ingat, turis-turis lain seperti Anda juga sedang memenuhi jalanan.

Cari alternatif Rajin-rajinlah berselancar di internet untuk mencari alternatif objek wisata yang tidak terlalu ramai.

Objek wisata yang tergolong ‘aman’ ketika libur Lebaran biasanya adalah yang kurang atau belum populer walaupun letaknya kadang terpencil. Indonesia memiliki kekayaan dan keindahan objek wisata yang tiada habisnya. Yang pasti, hindari tempat-tempat penuh sesak.

Cara lainnya, rajin-rajinlah mencari berbagai info mengenai diskon dan promo yang ada di kota tujuan wisata Anda. Misalnya, voucher makanan untuk menikmati sajian kuliner setengah harga, paket-paket tur murah, atau akomodasi murah. Jika Anda pengguna smartphone, ada baiknya Anda men-download aplikasi gratis pembanding harga hotel yang tersedia di Android maupun di iOs untuk mendapatkan informasi promo terbaru.

Abadikan setiap momen Kamera SLR, pocket, atau sekadar kamera handphone, jangan pernah Anda tinggal. Abadikan setiap momen liburan Anda agar semakin berkesan dan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Share setiap momen seru Anda ke media sosial dan berbagilah dengan teman seperjalanan.

Sumber: okezone.com