Tips Turunkan Berat Badan dengan Minyak Kelapa


Minyak kelapa memiliki banyak manfaat, mulai dari untuk kecantikan seperti mencerahkan kulit dan mencegah kerontokan rambut. Tapi kini tidak hanya sebatas pada kecantikan, minyak kelapa juga dianjurkan untuk memasak. Asal penggunaannya dalam moderasi dan berhubungan dengan diet seimbang.

Selain itu, minyak kelapa juga dapat digunakan untuk menurunkan berat badan, karena dapat mencegah penumpukan lemak, merangsang metabolisme, dan mengekang rasa lapar. Ahli gizi dan dokter naturopati Bruce Fife dalam bukunya The Coconut Miracle, mengatakan minyak kelapa dapat meningkatkan metabolisme selama 24 jam, memungkingkan pembakaran lemak dan energi semakin meningkat.

Kabar baiknya, Anda dapat menggunakan minyak kelapa dalam rutinitas diet sehari-hari untuk menurunkan berat badan. Simak cara mudah berikut ini:

Minum satu sendok setiap hari
Minyak kelapa membantu mengurangi nafsu makan Anda, tapi itu tidak berarti minyak kelapa tidak memiliki kalori sendiri. Seperti minyak lainnya, minyak kelapa mengandung lemak jenuh. Mulailah dengan mengkonsumsi satu sendok makan sehari. Awalnya akan terasa mual, sehingga memudahkan tubuh Anda menerimanya. Setelah periode penyesuaian, asupan tetap harus terbatas pada dua sampai tiga sendok makan setiap hari.

Tambahkan pada air panas atau teh
Cara mudah untuk menelan minyak kelapa adalah dengan menambahkan satu sendok minyak kelapa ke alam air panas atau teh herbal di pagi hari. Minyak kelapa awalnya padat, tapi akan mencair kedalam minuman setelah diaduk. Jika memasak dengan minyak kelapa tampaknya menakutkan, ini adalah cara mudah untuk menambahkan ke dalam diet Anda.

Ganti minyak goreng dengan minyak kelapa
Ganti mentega atau minyak zaitun dalam resep favorit Anda, seperti smoothie atau bahkan makanan penutup.

Minum 20 menit sebelum saat makan
Minyak kelapa merupakan inhibitor nafsu makan alami. Ini karena para ilmuwan menyebutnya sebagai "rantai menengah trigliserida." Kandungan jenis asam lemak tertentu tidak hanya mengurangi akumulasi lemak tubuh, tetapi bekerja sebagai penekan nafsu makan sehingga meningkatkan perasaan kenyang. Ini adalah salah satu cara paling cepat menggunakan minyak kelapa untuk menurunkan berat badan.

Sumber: Tempo.co