5 Tips Belanja Cerdas untuk Menghemat Uang


Wanita umumnya hobi berbelanja. Kebanyakan dari mereka menganggap belanja bisa menjadi alternatif untuk hiburan tersendiri. Terlebih lagi jika salah satu pusat perbelanjaan mengadakan program diskon, bisa dipastikan bahwa pembeli pun akan membanjiri mal atau gerai yang menawarkan harga menarik.

Tak sedikit dari wanita yang selalu kalap saat berbelanja. Terkadang mereka lapar mata dan membeli sesuatu yang diinginkan, bukan dibutuhkan. Belanja memang kebutuhan, namun bukan berarti menjadi boros. Anda harus bisa menjadi konsumen yang cerdas dan berbelanja dengan cara yang pintar. Lalu, bagaimana cara berbelanja yang cerdas itu? Simak tipsnya berikut ini, seperti dikutip dari Only My Health.

1. Pilihlah yang Multifungsi
Jika Anda termasuk penggila belanja, sebaiknya memilih barang yang multifungsi. Misalnya, membeli busana di salah satu butik ternama. Belilah busana yang bisa dikenakan di kala musim hujan maupun musim panas, sehingga busana tersebut bisa Anda gunakan kapan saja. Sama halnya dengan membeli aksesori. Pilihlah yang bisa dikenakan saat acara formal maupun non formal. Dengan begitu Anda tak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli barang-barang yang harus disesuaikan kapan Anda bisa memakainya.

2. Evaluasi Pilihan Anda

Meskipun Anda menemukan sebuah gaun yang menarik dan indah, Anda perlu mengevaluasi gaun tersebut sebelum memutuskan untuk membelinya. Tanyakan pada diri sendiri, apakah gaun tersebut memang dibutuhkan untuk dikenakan dalam waktu dekat? Apakah gaun itu pas dan cocok untuk dikenakan oleh saya? Akankah saya terlihat mengagumkan jika mengenakan gaun ini? Apakah gaun tersebut nyaman untuk dipakai?

Dari segala pertanyaan tersebut dapat membantu Anda untuk membuat keputusan yang benar. Mungkin memang gaun itu sedang diberikan penawaran menarik sehingga menjadi setengah harga dari harga normal, namun jika gaun tersebut tidak cocok untuk Anda, buat apa membelinya. Yang ada hanya membuang-buang uang saja.

3. Pilih Barang yang Timeless
Ketika Anda memutuskan untuk membeli busana dari salah satu perancang terkenal sekalipun, ingatlah bahwa meskipun tren fashion terus berubah-ubah, namun nuansa klasik tidak akan pernah pudar. Jadi, pilihlah busana dengan desain yang klasik agar Anda dapat terus memakainya tanpa harus berbelanja busana baru lagi nantinya.

4. Konsisten, Teliti dan Cermat
Sebelum Anda pergi untuk berbelanja, buatlah daftar terlebih dulu. Hal ini perlu diterapkan agar Anda tidak boros dan belanja sesuai dengan keperluan yang dibutuhkan. Jika Anda belanja bulanan ke supermarket, sebaiknya teliti dalam memilih produk yang akan dibeli. Cek tanggalnya apakah makanan atau minuman tersebut masih lama jatuh tempo masa kedaluwarsanya.

Anda juga perlu cermat soal harga. Bandingkanlah harga barang yang ingin dibeli. Terkadang barang yang sama memiliki harga yang berbeda di toko atau supermarket lainnya. Jadi jangan segan untuk membandingkan produk dari supermarket satu dengan supermarket lainnya. Hal ini diterapkan agar Anda bisa mendapatkan produk atau barang yang dibutuhkan dengan harga yang termurah

5. Manfaatkan Voucher atau Diskon
Belanja bisa jadi lebih hemat ketika mendapat diskon atau dengan voucher. Namun untuk diskon, Anda perlu teliti, apakah memang diskon yang diberikan benar-benar mendapatkan potongan harga atau tidak. Karena ada juga toko yang menaikkan harganya terlebih dahulu sebelum memberikan diskon.

Sedangkan voucher, biasanya bisa didapat melalui promosi tertentu. Seperti program menabung dari Bank Mega yang menawarkan program undian baru, yaitu Mega Super Vaganza Gemilang Emas. Program yang memberikan ratusan keping emas dan hadiah berupa voucher kepada para nasabah. Program ini telah berlangsung sejak 25 September 2017 dan berakhir 11 Maret 2018.

Setiap minggu Bank Mega mengundi nasabah yang akan mendapatkan emas 10 gram untuk 30 pemenang, emas 100 gram untuk 1 pemenang (setiap minggu) dan emas 500 gram untuk 2 pemenang (akhir periode) serta voucher belanja CT Corp setiap bulan.