Tips Keamanan Makanan Dalam Kulkas Sebelum Mudik

Jika Anda berencana pergi berlibur dan meninggalkan persediaan makanan di dalam freezer atau lemari es, maka Anda perlu melakukan tips berikut ini demi keamanan dan kesehatan Anda sekeluarga terkait makanan yang Anda simpan dalam freezer. Tips sederhana berguna untuk memastikan apakah makanan yang kamu simpan itu masih layak dikonsumsi setelah pulang atau tidak.

Karena ada satu hal kecil yang jarang diperhatikan orang. Kadang saat kita meninggalkan rumah, listrik padam yang menyebabkan suhu makanan yang disimpan di lemari es tidak terkontrol dan kondisinya memburuk.

Nah, untuk memastikan apakah makanan tetap membeku selama Anda pergi, lakukan tips sederhana ini sebelum meninggalkan rumah: masukkan segelas air putih ke dalam freezer. Setelah air membeku, letakkan koin di atasnya dan biarkan tetap di dalam freezer.

Setelah Anda pulang dari dari berlibur, lihat kembali kondisi koin yang Anda tinggalkan tadi. Jika koin berada di dasar gelas, maka Anda harus segera membuang semua persediaan makanan di dalam lemari es. Ini karena listrik di rumah Anda pernah padam untuk waktu tertentu lama sehingga menyebabkan suhu makanan naik kemudian turun lagi setelah listrik kembali normal.

Jika koin tetap berada di atas, itu artinya tidak pernah terjadi pemadaman listrik dan kualitas makanan tetap sebaik sebelum Anda pergi. Dan jika koin berada di tengah gelas, berarti listrik pernah padam sementara dan sebagian makanan mungkin masih segar.


Sumber: Anonim