Tips Menurunkan Kolesterol Darah



Tingginya kadar kolesterol darah merupakan faktor utama yang akan menyebabkan terjadinya penyakit jantung koroner dan stroke. Kolesterol ini terdapat dalam berbagai jenis makanan. Untuk menghindari dan menurunkan kolesterol, pakar menyarankan agar kita sangat hati-hati memilih dan mengolah makanan. Tindakan berhati-hati ini sebenarnya tidak begitu sulit dan rumit. Inilah beberapa tips yang disarankan oleh pakar:

  1. Pilihlah ikan, daging unggas, dan daging murni. Keluarkan lebih dulu lemak yang masih menempel. Jumlah konsumsi yang dianjurkan ialah maksimal 6 ons per hari.
  2. Kurangi konsumsi sosis dan daging olahan lain yang kandungan lemaknya tinggi.
  3. Batasi konsumsi organ dalaman (jeroan), seperti hati, ginjal, atau otak.
  4. Kurangilah minum susu murni atau krim dan beralihkan ke susu skim (rendah lemak). Juga, pilihlah yogurt dan keju bebas lemak atau berlemak rendah.
  5. Hindarilah mengkonsumsi mentega, tetapi gunakanlah margarin cair atau minyak sayur cair yang mengandung lemak ganda-jenuh dan tunggal-jenuh. Upayakanlah menekan konsumsi lemak dan minyak.
  6. Batasilah mengkonsumsi kuning telur. Sedangkan putih telur dapat sering dimakan karena tidak mengandung lemak atau kolesterol.
  7. Makanlah banyak sayur dan buah-buahan, dan juga sereal, roti, nasi, dan pasta yang diolah dari biji-bijian utuh.
  8. Hindarilah menghidangkan makanan yang digoreng, tetapi beralihkan ke makanan yang dipanggang dan direbus.
  9. Minyak nabati cair sangat baik untuk menumis sayuran, menggoreng dan memanggang kue serta makanan lainnya.
  10. Banyak makanan kemasan yang dijual di toko mengandung lemak jenuh berkadar tinggi. Bacalah labelnya dan pilihlah produk yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang kadarnya paling rendah.
  11. Waktu menyiapkan hidangan, upayakanlah agar bahannya seimbang dan terdiri dari kelompok makanan sehat berikut: roti, sereal, nasi dan pasta (6-11 porsi per hari); sayuran (3-5 porsi per hari); buah-buahan (2-4 porsi per hari); susu, yogurt dan keju (2-3 porsi per hari); dan daging, unggas, ikan, telur, kacang-kacangan, dan biji-bijian (2-3 porsi per hari). Upayakanlah mengkonsumsi lemak, minyak dan makanan manis sesedikit mungkin.