Tips Optimalisasi WhatsApp yang Perlu Kamu Ketahui


Berikut beberapa tips menggunakan WhatsApp dengan lebih aman dan nyaman.

Akses WhatsApp lewat aplikasi desktop
Dengan hadirnya aplikasi desktop untuk WhatsApp, cukup unduh aplikasi WhatsApp dan buka WhatsApp, klik tombol menu, kemudian klik WhatsApp Web. Klik tombol “+” kemudian scan kode QR yang ada di layar. Anda sekarang sudah dapat menggunakan WhatsApp versi desktop!

Menggunakan akun yang sama dengan nomor telepon berbeda
Terkadang buruknya kualitas jaringan menjadi alasan seseorang untuk mengganti provider telekomunikasi mereka. Tetapi tidak jarang orang tetap bertahan dengan provider lama mereka dengan alasan tidak mau mengganti nomor yang telah terdaftar di berbagai aplikasi, termasuk WhatsApp. Tapi kini, kamu dapat dengan mudah mengganti nomor telepon yang terdaftar dengan nomor barumu di WhatsApp, karena fitur baru WhatsApp telah mendukungnya.

Pastikan dahulu nomor lamamu telah terverifikasi dengan mengakses setelan dan sentuh pada foto profil kamu. Pastikan juga nomor barumu dapat menerima SMS dan/atau panggilan serta memiliki koneksi data aktif. Setelah kamu memasukkan kartu SIM baru, akses setelan, kemudian ketuk pada Akun dan Ganti Nomor. Masukkan nomor telepon lama pada kolom atas dan nomor telepon baru pada kolom bawah. Ketuk selesai dan lakukan verifikasi pada nomor baru.

Menyimpan pesan terpenting tanpa takut tercecer
Ratusan pesan yang bersliweran di grup WhatsApp terkadang membuat kita kesulitan untuk mencari sebuah pesan yang berisi informasi penting. Karenanya fitur Starred Messages (Pesan Berbintang) akan sangat mempermudah pengguna menandai pesan-pesan tertentu untuk digunakan kemudian.

Untuk memberikan bintang pada sebuah pesan yang kamu inginkan, cukup ketuk dan tahan pada pesan yang ingin kamu tandai, kemudian ketuk ikon bintang yang ada pada bagian atas layar. Untuk menghapus bintang, ketuk dan tahan pada pesan kemudian hapus ikon bintang.

Untuk mempermudahmu mengakses seluruh Starred Messages (Pesan Berbintang), kamu dapat mengaksesnya pada tombol menu kemudian ketuk Starred Messages (Pesan Berbintang).

Menghemat penggunaan data dengan mematikan fitur unduh otomatis
Saling berkirim gambar dan video pada WhatsApp, baik lewat japri (jalur pribadi) maupun grup memang sudah menjadi kebiasaan para pengguna aplikasi perpesanan ini. Tetapi apa jadinya jika mereka yang menggunakan WhatsApp dengan kuota terbatas mau tidak mau harus mengunduh konten yang boros kuota seperti gambar dan video?
Kabar baiknya, pengguna dapat mematikan fitur unduh otomatis ini untuk menghemat penggunaan kuota. Kamu dapat melakukannya dengan mengakses Settings (Setelan) kemudian ke Data Usage (Penggunaan Data). Kamu dapat mengatur tipe konten seperti apa yang dapat diunduh otomatis ketika terhubung dengan jaringan selular, Wifi, atau ketika sedang roaming. Kamu juga dapat mematikan secara keseluruhan fitur unduh otomatis ini untuk menghemat penggunaan data.

”Bersembunyi”
Terkadang kamu cukup sibuk untuk membalas chat semua orang tepat waktu, lalu bagaimana untuk menyiasati hal ini? Sembunyikan saja keterangan kapan terakhir kali kamu aktif (Last Seen) melalui Setting, pilih Account, dan Privacy. Pilih Last Seen menjadi Nobody. Konsekuensinya, kamu juga tidak bisa melihat kapan terakhir orang lain aktif di WhatsApp.

Memindahkan history percakapan antar perangkat
Masalah yang kerap menghantui ketika kita berganti smartphone adalah apakah history chat lama di WhatsApp bisa dikembalikan di perangkat baru? Jawabannya jelas bisa. Yang perlu kamu lakukan hanya mengakses Menu pada WhatsApp, pilih Settings, dan Chat Settings, lalu pilih Backup Conversations.

Sebelum menentukan kemana history chat akan dipindahkan, kamu harus memastikan apakah smartphone kamu memiliki slot microSD atau tidak? Bila ya, maka kamu tinggal menyimpannya di sana lalu memindahkan microSD ke perangkat baru dan setelah WhatsApp terpasang, pilih Restore. Bila smartphone kamu tidak memiliki slot microSD seperti pada Nexus, kamu harus melakukan backup secara manual dengan menyalin data dari folder /sdcard/WhatsApp/.

Mengetahui status pesan kamu
Sejak WhatsApp menyediakan fitur notifikasi status pesan dengan tanda centang biru, kamu dengan mudah mengetahui status pesan kamu. Sederhananya, bila sudah ada dua tanda centang biru, berarti pesan terkirim dan sudah dibaca, sementara pesan yang sudah terkirim tapi belum dibaca akan ditandai dengan tanda centang abu-abu. Namun bila kamu ingin mengetahui lebih detail status pesan yang dikirim, cukup tekan pesan yang dimaksud dan pilih info (dengan kode (i) di atas layar).

Menghindari “centang biru”
Seperti sudah dibahas di tips sebelumnya, tanda centang biru menandakan bila kamu telah membaca sebuah pesan. Namun bagaimana bila kamu ingin membaca pesan tanpa ketahuan si pengirim? Trik ini memang membutuhkan sedikit kerumitan.

Pada saat kamu menerima sebuah pesan, jangan buka pesan tersebut, namun matikan koneksi internet (mobile data dan Wi-Fi) lalu buka kembali WhatsApp dan baca pesannya. Hubungkan kembali smartphone kamu ke internet dan kamu akan melihat tanda centang tetap berwarna abu-abu.

Selain itu, kamu juga dapat menghilangkan centang biru dengan mengakses Settings (Pengaturan), Account (Akun), Privacy (Privasi) dan matikan centang pada Read Receipts (Laporan Dibaca). Perlu diingat bahwa dengan metode ini kamu juga tidak akan dapat melihat centang biru dari pengguna lain.

Mengunci akses ke WhatsApp
Apakah smartphone kamu kerap dipinjam oleh orang-orang di sekitar kamu? Bila ya, tentu kadang kamu merasa khawatir bila ada orang yang mencoba iseng dengan WhatsApp kamu, apalagi bila di dalamnya terdapat chat yang penting. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, kamu bisa menggunakan sejumlah aplikasi seperti Messenger and Chat Block dan Smart Lock. Dengan menggunakan aplikasi semacam ini, tidak sembarang orang bisa mengakses aplikasi yang terpasang di dalamnya, termasuk WhatsApp, karena kamu bisa membuat password untuk mengakses aplikasi tertentu.

Mengembalikan chat yang terhapus
Ada chat di WhatsApp yang tidak sengaja terhapus? Jangan khawatir, tetap ada cara untuk mengembalikannya. kamu bisa menggunakan aplikasi seperti ES File Explorer, dan selanjutnya kamu bisa mengakses sdcard/WhatsApp/Databases untuk melihat data backup kamu. Jangan lupa untuk mengubah nama file menjadi msgstore.db.crypt dan masuk ke Setting lalu pilih Apps (WhatsApp) dan Clear Data. Chat yang sebelumnya terhapus akan kembali lagi.

Tambahan fitur “bersembunyi”
Sebelumnya saya sudah menjelaskan beberapa cara untuk “bersembunyi”. Ketika kamu sibuk dan tidak sempat membalas pesan di WhatsApp setelah membacanya, kini layanan chatting ini telah dibekali dengan fitur baru Mark as Unread yang sesuai namanya tidak akan memberi tkamu pesan tersebut sudah dibaca. kamu juga bisa memutuskan waktu yang tepat untuk menjawab sebuah pesan.
Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu cukup melakukan tap pada pesan tertentu, dan memilih Mark as Unread yang ada di bagian Options.

Menentukan prioritas membalas pesan
Sebagai aplikasi chatting, tentu banyak grup yang terdapat di dalamnya. Mulai dari grup pekerjaan, sampai grup pertemanan biasanya ada di sana. Namun terkadang banyaknya notifikasi membuat kita melewatkan pesan penting. Kini kamu tidak perlu lagi repot karena WhatsApp telah memiliki fitur baru Custom Notifications.

Sesuai namanya, kamu bisa dengan mudah melakukan pengaturan mana notifikasi yang penting, kurang penting sampai tidak penting. Pembedanya pun bisa diatur dari ringtone dan light.

Keluar Grup
Banyaknya keikutsertaan kamu dalam grup bisa jadi akan sedikit mengganggu kenyamanan dalam menggunakan HP. Apalagi keikutsertaan dalam grup oleh admin tanpa permintaan  izin dari kamu. Keluarlah dari grup yang tidak bermanfaat dengan sopan dan berikan alasan logis atau klise kepada anggota, mudah mudahan semua senang dan damai.


Sumber: https://id.techinasia.com (dengan sedikit editan dan tambahan)