Tips Bagaimana Menangani Serangan Jantung Kapan Saja?



Banyak orang sendirian ketika mereka menderita serangan jantung tanpa ada bantuan, Ketika seseorang yang jantungnya berdetak dengan tidak benar dan mulai merasa pingsan, dan hanya tesisa 10 detik saja sebelum kehilangan kesadaran, lakukanlah tips berikut ini.

Jika hal ini menimpa Anda, Anda dapat membantu diri sendiri dengan batuk berulang  ulang dan dengan sangat bersemangat. Napas yang dalam harus diambil sebelum setiap batuk dilakukan, dan batuk harus dalam dan berkepanjangan, seperti ketika memproduksi dahak dari dalam dada.

Lakukan pernapasan dan batuk ini berulang-ulang setiap dua detik tanpa berhenti sampai pertolongan tiba, atau sampai jantung terasa berdetak normal lagi.

Napas dalam akan mensuplai oksigen ke paru-paru dan gerakan batuk akan  memeras jantung dan menjaga sirkulasi darah. Tekanan yang kuat dan berulang pada jantung ini akan membantu jantung mendapatkan kembali ritme yang normal. Dengan cara ini, korban serangan jantung bisa mendapatkan pertolongan pertama sebelum dibawa ke Rumah Sakit.

Dr. Geetha Krishnaswamy