Tips Melakukan Cash On Delivery (COD)





Menjual barang Anda dengan metode transaksi Cash On Delivery (COD) memberikan Anda banyak keuntungan baik sebagai penjual maupun sebagai pembeli. Sebagai pembeli, tentunya Anda bisa dengan jelas melihat spesifikasi dan kondisi barang yang akan dibeli. Sedangkan sebagai penjual, Anda akan mudah menjelaskan barang yang dijual, kondisi pemakaian, atau detail lainnya yang perlu diketahui pembeli. 
Ketika memutuskan bertransaksi dengan cara COD (Cash On Delivery), perhatikan hal-hal berikut :
  1. Jika Anda sebagai pembeli, sebelum COD, cek harga pasaran barang yang akan Anda beli (harga kondisi baru atau bekas). Pastikan harga barang yang akan dibeli tidak jauh dibawah harga pasaran atau terlalu murah (too good to be true).
  2. Jika Anda sebagai pembeli, pastikan cek barang yang akan Anda beli dengan teliti. Jika ada teman yang mengerti tentang barang yang akan Anda beli, ajak teman Anda untuk membantu mengecek barang.
  3. Pilih tempat yang ramai, familiar, dan mudah dijangkau seperti Mall, Convenience Store, cafe atau restaurant. Jika Anda harus membawa uang dalam jumlah yang banyak, Anda bisa COD di lokasi sekitar Bank dan melakukan transfer bersama dengan penjual setelah deal dengan barang yang akan dibeli.
  4. Ajak teman untuk menambah rasa aman saat bertransaksi atau beritahu salah satu teman jika Anda akan melakukan COD di tempat tertentu.
  5. Jika Anda bertransaksi sebagai penjual, pastikan cek keaslian uang yang diberikan oleh pembeli. Pastikan uang yang Anda terima dari pembeli bukan uang palsu.