Kumpulan Tips Aman Dari Virus Corona



Dengan merebaknya virus corona saat ini, Berikut kumpulan tips yang berhasil penulis rangkum dari berbagai pakar kesehatan.

1. Selalu Mencuci tangan
Selalu lah mencuci tangan disetiap kesempatan atau setelah beraktifitas yang bersentuhan dengan benda yang dicuriagai adanya virus corona, cuci tangan dengan benar, dengan menggunakan sabun dan air mengalir. Pastikan seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku. Setelah itu, keringkan tangan menggunakan tisu, handuk bersih atau mesin pengering untuk mengeringkan tangan setelah dicuci

2. Menggunakan masker
Gunakan masker terutama bagi mereka yang sedang batuk, flu atau demam panas yang sedang ebrada di tengah-tengah keramaian.

3. Hindari menyentuh area wajah terutama  hidung dan mulut
Cobalah memulai kesadaran untuk tidak menyentuh wajah terutama daerah mulut dan hidung dalam keadaan belum mencuci tangan dengan sabun. Karena tanggan adalah pengantar virus terbaik menuju mulut dan hidung.

4. Menjaga daya tahan tubuh
Menjaga daya tahan tubuh dengan cara makan makan sehata dan terbaik,  minum minuman yang sehat dan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh seperti jamu-jamuan. Selain itu, rutin berolahraga, tidur yang cukup, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol adalah pelengkap untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Tidak pergi ke daerah atau negara terjangkit virus
Agar tidak tertular virus ini, Anda disarankan untuk tidak bepergian ke tempat-tempat yang sudah memiliki kasus infeksi virus Corona atau berpotensi menjadi lokasi penyebaran virus corona.

6. Jika ada gejala batuk, demam & sulit bernapas segera periksa ke dokter.
Apabila Anda merasakan gejala seperti batuk, demam, dan sulit bernapas, akan sangat mempermudah penyembuhan dengan cara inisiatif memeriksakan kondisi diri ke dokter sebelum penyakit yang dirasakan semakin parah.

7. Jaga jarak dengan orang lain
Usahakan menjaga jarak dengan orang lain pada saat berada di keramaian, baik kondisi orang tersebut sehat apalagi sedang sakit.

8. Ikuti saran dan kebijakan pemerintah.
Jika Pemerintah mengeluarkan kebijakan terkait penanangan virus, ikutilah dengan sukarela dan ikhlas. Yakinlah tujuan pemerintah adalah baik. Seperti himbauan untuk bekerja dirumah sealma masa darurat, dan tidak berpergian keluar jika tidak diperlukan. Karena jika kita bersama-sama melakukan kebijakan tersebut, mudah-mudahan dapat mencegah penularan virus secara cepat dan masif.